Selasa, 18 Januari 2011

Mengajak orang-orang menulis dengan EYD

Entah kenapa, membaca tulisan yang menurut mereka itu kreatif menyusahkan ya. Entah itu kata dengan campuran huruf besar kecil, huruf dengan angka, huruf dengan karakter-karakter yang tidak lazim. Kalau memang mau berkarya dengan karakter-karakter tersebut (baik angka, huruf, maupun karakter spesial) jangan dituangkan dalam bentuk tulisan, karena tulisannya akan susah untuk dibaca sehingga apa yang anda ingin sampaikan kepada orang-orang yang membaca tulisan anda tidak sampai. Lebih baik anda mencoba menjadi "ASCII Artist", seniman yang berkarya menggunakan karakter-karakter. Bukannya dengan demikian secara otomatis kita menulis dengan EYD, karena bahasa sehari-hari yang sifatnya nonformal juga dibutuhkan karena memang lebih mudah untuk ditulis dan sebagian orang lebih mudah dipahami. Mengapa bahasa sehari-hari yang sudah demikian sederhana anda buat rumit?

Buat apa menambahkan titik di depan huruf? Buat apa memberi jarak antar titik-titik? Buat apa menulis dicampur dengan angka?

for special case, menyalahi aturan dalam menulis itu tidak apa-apa karena mungkin memang dibutuhkan untuk mengekspresikan kata atau notasi tertentu. Apabila penyalahan aturan tersebut dilakukan pada tulisan secara utuh, yang terjadi adalah orang-orang tidak akan memahami apa yang telah anda tulis.

contoh kata-kata yang diperumit atau kata-kata yang mengalami penyederhanaan yang berlebihan sehingga sulit dimengerti. (disadur dari bulletin friendster & note facebook)

kamu: kamuh,kammo,kamoh,kamuwh,kamyu,qamu,etc
aku : akyu,aq,akko,akkoh,aquwh,etc
maaf: mu’uph,muphs,maav,etc
sorry: cowyie,cory,tory(?),etc
add : ett,etths,aad,edd,etc
for : vo,fur(zz),pols,etc
lagi : agi,agy
makan: mums,mu’umhs,etc
lucu : ludchu,lutchuw,uchul,luthu,etc
siapa: cppa,cp,ciuppu,siappva,etc
apa : uppu,apva,aps,etc
narsis: narciezt,narciest,etc

Maaf kalau terkesan kasar, tetapi ini untuk kepentingan kita bersama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

boleh marah, boleh mencela, boleh gembira dan apapun juga boleh, yang penting anda tidak memasukkan yang berbau sara !!